Jumat, 04 November 2011

SELAMAT DATANG

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Salam Sejahtera bagi semua


Guru adalah pendidik profesional yang mempunyai tugas, fungsi, dan peran penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru yang profesional diharapkan mampu berpartisipasi dalam pembangunan nasional untuk mewujudkan insan Indonesia yang bertakwa kepada Tuhan YME, unggul dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, memiliki jiwa estetis, etis, berbudi pekerti luhur, dan berkepribadian. Tidaklah berlebihan kalau dikatakan bahwa masa depan masyarakat, bangsa dan negara, sebagian besar ditentukan oleh guru. Oleh sebab itu, profesi guru perlu dikembangkan secara terus menerus dan proporsional menurut jabatan fungsional guru.
Berkaitan dengan sangat sentralnya peran guru seperti pada paparan di atas, maka perlu dibentuk wadah kegiatan pengembangan profesional guru yang salah satunya dalam bentuk forum musyawarah guru mata pelajaran atau biasa disebut MGMP. Untuk mewadahi kegiatan pengembangan profesi keguruan guru-guru mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial pada lingkup SMP Negeri kabupaten Lumajang, guru-guru IPS SMP Negeri kab. Lumajang bersepakat membentuk organisasi MUSYAWARA GURU MATA PELAJARAN IPS SMP NEGERI KABUPATEN LUMAJANG yang disingkat MGMP IPS SMP Negeri Kab. Lumajang.
Selanjutnya organisasi ini didirikan dengan memiliki tujuan umum yaitu bersama-sama antar guru-guru IPS SMP Negeri kab. Lumajang meningkatkan kualitas profesionalisme dan martabat profesi guru. Forum ini juga bertujuan meningkatkan kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial guru-guru IPS SMP Kabupaten Lumajang.
Dalam kegiatan sehari-hari, pelaksanaan musyawarah dilakukan di sanggar kegiatan yaitu di SMP Negeri 3 Lumajang, Jln. Mayor Kamari Sampurno 132 Lumajang. Sekretariat ada dua yaitu Jln. KH. Bharizi, Tukum- Lumajang dan Blog “Guru IPS” yang digunakan dalam interaksi dunia maya.

2 komentar:

  1. mantap gan, panorama yang indah yang mampu menginspirasi masayarakat jawa timur dan indonesia pada umumnya. sukses selalu.... kunjungi juga blog kami tentang panorama Kabupaten Lumajang... trima kasih... hidup lumajang...

    BalasHapus
  2. TERIMA KASIH TELAH ADA WADAH INFORMASI, TETAPI SAYA BERHARAP INFORMASI INI JUGA BERKAITAN DENGAN PENGEMBANGAN ILMU DAN DUNIA MENGAJAR DENGAN SEGALA ILMU DAN TEKNOLOGINYA. OLEH KARENA ITU MOHON AGAR KITA-KITA SEBAGAI PEMBACA JUGA DIBERI RUANG UNTUK MENYAJIKAN KARYA ILMIAH LEWAT FORUM INI! TERIMA KASIH.

    BalasHapus